Update: Untuk mendapatkan berita-berita terupdate website marzukialie.com bisa men update melalui twitter kami @marzukialie dan untuk komunikasi langsung dengan Dr. H. Marzuki Alie bisa melalui twitter kami @marzukialie_MA
profile marzuki alie Demokrat

TULISAN

MINTA MAAF DAN MUNDUR?
Oleh : ir.KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M.Sc.,Lic.Eng.,Ph.D
KONSISTENSI BERPOLITIK
Oleh : ir.KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M.Sc.,Lic.Eng.,Ph.D
KSP MOELDOKO?
Oleh : ir.KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M.Sc.,Lic.Eng.,Ph.D
DULU CIUM TANGAN, SEKARANG MENUSUK DARI BELAKANG?
Oleh : ir.KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M.Sc.,Lic.Eng.,Ph.D
Rekonstruksi Kebijakan Pendidikan Nasional
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie

PENCARIAN

ALBUM


DAPATKAN BUKU YANG SUDAH DITANDATANGANI OLEH MARZUKI ALIE untuk palestine Liga Pendidikan Indonesia

BERITA

Pendidikan Vokasi Nonformal Tingkatkan Kompetensi SDM

2024-01-16 10:30:00
Images
Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sukses memperlihatkan pendidikan vokasi nonformal yang turut mendukung pembangunan ekonomi nasional.

Pelaksana Tugas (Plt.), Direktur Kursus dan Pelatihan, Wartanto, menitikberatkan peran kursus dan pelatihan sebagai pendidikan vokasi nonformal yang menunjang keterampilan sumber daya manusia (SDM).

“Pendidikan vokasi nonformal di lembaga kursus dan pelatihan (LKP) berfokus kepada pengembangan SDM anak usia sekolah tidak sekolah (ATS) sehingga membantu mengurangi angka pengangguran yang ada di Indonesia melalui pelatihan di berbagai bidang,” ungkap Wartanto.

Wartanto menjelaskan, melalui capaian program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) 2023, sudah lebih dari 16.300 lulusan yang terserap kerja ke industri. Sementara itu, sudah ada 18.301 lulusan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) 2023 yang sudah merintis usaha.

Dalam menunjang perkembangan pendidikan nonformal, Wartanto menyampaikan bahwa LKP harus berproses untuk beralih ke dunia digital dan teknologi.

“LKP harus menyesuaikan dengan dunia digital dengan demikian tidak hanya mendidik, tetapi juga menyesuaikan kebutuhan pasar yang saat ini sedang gencar-gencarnya di bidang digital,” ujar Wartanto.

Dalam kesempatan yang sama, Dasep Suryanto, selaku Ketua Komite Tetap Pendidikan Vokasi, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, turut mengapresiasi langkah strategis adanya Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi. Ia pun menyampaikan bahwa industri kini mendapatkan peran dalam mendukung pembangunan nasional melalui pendidikan vokasi.

Selain itu, ia pun memberikan pembekalan kepada LKP dalam menghadirkan lulusan yang kompeten dan siap kerja. Dasep menuturkan, “Pendidikan vokasi nonformal pun sudah ada dukungan dari pemerintah dan sudah didampingi dengan industri. Pekerjaan rumah untuk lembaga ialah bagaimana terus menanamkan karakter kepada siswa, tidak hanya keterampilan teknis, tetapi juga keterampilan hidup,” ucapnya.

Dasep menyampaikan bahwa karakter dan sikap lulusan yang pantang menyerah menjadi poin penting yang dinilai oleh industri terhadap lulusan pendidikan vokasi nonformal. (andhiko tungga alam/rel)



KOMENTAR ANDA

Nama Tidak Boleh Kosong

Email Tidak Boleh Kosong

Komentar Tidak Boleh Kosong

Nama :
Email :
Komentar :
Total : 1000