Update: Untuk mendapatkan berita-berita terupdate website marzukialie.com bisa men update melalui twitter kami @marzukialie dan untuk komunikasi langsung dengan Dr. H. Marzuki Alie bisa melalui twitter kami @marzukialie_MA
profile marzuki alie Demokrat

TULISAN

MINTA MAAF DAN MUNDUR?
Oleh : ir.KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M.Sc.,Lic.Eng.,Ph.D
KONSISTENSI BERPOLITIK
Oleh : ir.KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M.Sc.,Lic.Eng.,Ph.D
KSP MOELDOKO?
Oleh : ir.KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M.Sc.,Lic.Eng.,Ph.D
DULU CIUM TANGAN, SEKARANG MENUSUK DARI BELAKANG?
Oleh : ir.KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M.Sc.,Lic.Eng.,Ph.D
Rekonstruksi Kebijakan Pendidikan Nasional
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie

PENCARIAN

ALBUM


DAPATKAN BUKU YANG SUDAH DITANDATANGANI OLEH MARZUKI ALIE untuk palestine Liga Pendidikan Indonesia

BERITA

Sabun Cair dari Minyak Ikan Patin, Kompetisi LKTI Biology

2021-11-11 10:40:00
Images
MA, Palembang - Dua siswi SMA LTI Indo Global Mandiri (IGM), Az Zahra Rizki Amalia Tirta (XII) dan Farah Bunga Fadyyah (X3) menjadi delegasi SMA LTI IGM dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Umum se-Sumatera Selatan di ajang Biology Show in 2021 yang digagas oleh Universitas Sriwiya.
 
Dalam kompetisi bergengsi tersebut, keduanya menciptakan sabun cair dari minyak ikan patin dengan metode steam.
 
Pelatih KIR SMA LTI IGM, Dian Novita, S.Pd mengatakan, keduanya menciptakan temuan yang menarik, membuat sabun berbahan dasar minyak ikan patin. Minyak ini nantinya dijadikan soap base dengan komposisi yang telah ditentukan sebelumnya.
 
“Kemudian, soap base yg telah diencerkan ditambahkan asam sitrat. Lalu sabun cair siap digunakan,” katanya, Rabu (10/11/2021).
 
KIR SMA LTI IGM sengaja memilih ikan patin karena spesies ini mudah ditemui dimana saja. Tak hanya itu, hewan air tawar ini pun dinilai murah dan mampu dijangkau oleh masyarakat.
 
“Ikan patin juga mengandung Asam Oleat. Proses pembuatan cukup sederhana dan hanya memakan waktu mulai dari persiapan hingga siap digunakan hanya memakan waktu satu minggu,” ujarnya.
 
Dengan temuan ini, lanjutnya, Tim KIR SMA LTI IGM mendapat juara harapan 2 dalam lomba karya tulis ilmiah kategori Umum tingkat provinsi Sumatera selatan tersebut.
 
Seperti diketahui, Pendidikan Biologi FKIP Unsri akan mengadakan Kegiatan Biology Show In (BSI) yang merupakan acara tahunan akan diadakan pada Oktober 2021. Kegiatan ini terdiri dari berbagai macam lomba, yaitu Lomba Cerdas Cermat (LCC), Karya Tulis Ilmiah, dan lain sebagainya. Kegiatan ini melibatkan siswa SMP dan SMA baik di Kota Palembang maupun berbagai Kabupaten di Sumatera Selatan. (andhiko tungga alam)



KOMENTAR ANDA

Nama Tidak Boleh Kosong

Email Tidak Boleh Kosong

Komentar Tidak Boleh Kosong

Nama :
Email :
Komentar :
Total : 1000