Update: Untuk mendapatkan berita-berita terupdate website marzukialie.com bisa men update melalui twitter kami @marzukialie dan untuk komunikasi langsung dengan Dr. H. Marzuki Alie bisa melalui twitter kami @marzukialie_MA
profile marzuki alie Demokrat

TULISAN

MINTA MAAF DAN MUNDUR?
Oleh : ir.KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M.Sc.,Lic.Eng.,Ph.D
KONSISTENSI BERPOLITIK
Oleh : ir.KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M.Sc.,Lic.Eng.,Ph.D
KSP MOELDOKO?
Oleh : ir.KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M.Sc.,Lic.Eng.,Ph.D
DULU CIUM TANGAN, SEKARANG MENUSUK DARI BELAKANG?
Oleh : ir.KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M.Sc.,Lic.Eng.,Ph.D
Rekonstruksi Kebijakan Pendidikan Nasional
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie

PENCARIAN

ALBUM


DAPATKAN BUKU YANG SUDAH DITANDATANGANI OLEH MARZUKI ALIE untuk palestine Liga Pendidikan Indonesia

BERITA

2017, Asia Dibanjiri Orang Kaya

2013-06-03 07:17:22
Images
Selama ini, hampir separuh kekayaan dunia dikuasai miliarder dari Amerika Serikat. Namun ke depan, bukan lagi konglomerat  AS yang mengasai kekayaan dunia, namun konglomerat asal negara-negara di Asia, khususnya China. Berdasarkan laporan global dari Boston Consulting Group yang dikutip pada Minggu (2/6/2013), saat ini Amerika Utara masih memegang gelar sebagai kawasan yang menguasai kekayaan dunia, dengan total kekayaan 43,3 triliun dollar AS, sedangkan Asia Pasifik hanya 15,3 triliun dollar AS. Namun dari perkembangan yang ada, kekayaan orang-orang yang ada di Amerika Utara diperkirakan hanya akan naik sekitar10 persen menjadi 48 triliun dollar AS pada 2017.

Lembaga konsultan itu menyatakan jika dunia barat terus bergantung pada aset yang ada untuk meningkatkan kekayaannya, maka tidak akan lama lagi China akan menyalip dan memimpin dunia dengan jumlah kekayaan tertinggi di dunia, tepatnya pada 2017. Sejauh ini, orang kaya masih terkonsentrasi di Amerika Serikat, dengan jumlah mencapai 5,87 juta orang. Sementara itu, Jepang berada di urutan kedua dengan jumlah jutawan mencapai 1,46 juta orang, dan China di urutan ketiga dengan 1,3 juta orang. Amerika Serikat juga masih menjadi 'sarang' masyarakat yang memiliki kekayaan di atas 100 juta dollar AS ( sekitarRp 1 triliun), yakni sebanyak 3.016 orang. Tempat kedua dipegang Inggris dengan 1.001 orang dan Cina dengan 851 orang.

Di sisi lain, kenaikan kekayaan masyarakat dunia pada umumnya dinilai lebih baik dibanding kekayaan para miliarder tersebut. Sepanjang 2012, kekayaan masyarakat biasa naik rata-rata 7,8 persen, sedangkan untuk tahun 2010 dan 2011 masing-masing meningkat 7,3 persen dan 3,6 persen. Sementara itu, kekayaan miliarder dunia, yang berjumlah 1.426 orang, hanya meningkat rata-rata 2,7 persen sepanjang 2012 lalu, dari 3,7 miliar dollar AS menjadi 3,8 miliar dollar AS. Namun secara total, jumlah kekayaan miliarder dunia tersebut mencapai 5,4 triliun dollar AS, naik dari tahun sebelumnya 4,6 triliun dollar AS. "Hal ini menunjukkan meskipun kekayaan miliarder meningkat, tapi kenaikan rata-rata kekayaannya tidak lebih tinggi dibanding masyarakat biasa pada umumnya," tulis laporan tersebut.

Pendapatan Orang Singapura Tertinggi di Dunia
Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/ IMF) menobatkan pendapatan rata-rata orang Singapura sebagai yang tertinggi di dunia, yang didasarkan pada pendapatan per kapita dan kemampuan daya beli (purchasing power parity) negara tersebut. IMF mencatat rata-rata pendapatan tiap orang Singapura dalam setahun mencapai 61.567 dollar AS (sekitar Rp 601,32 juta). Jumlah tersebut meningkat 2 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dengan pendapatan itu, Singapura mengungguli 4 negara di bawahnya, Norwegia, Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, dan Swiss. Norwegia sebagai pesaing terdekat terpaut tipis dengan 56.663 dollar AS. Sementara itu, Amerika Serikat masih bercokol di posisi lima besar meskipun negara ini dirundung kelesuan ekonomi.

Dalam riset itu, IMF juga memprediksi kekayaan orang Singapura akan terus meningkat hingga mencapai 77.000 dollar AS di tahun 2018. Di sisi lain, Pemerintah Singapura terus memperkokoh posisinya sebagai hub bisnis konglomerasi internasional untuk menarik berbagai perusahaan multinasional menanamkan modalnya negeri Merlion ini. Fenomena lain yang juga menjadi perhatian IMF adalah semakin dibidiknya Singapura sebagai "tax haven". Dengan pajak yang relatif rendah, orang superkaya dari berbagai belahan dunia memilih hijrah dan tinggal di Singapura. Pendiri Facebook Eduardo Saverin dan pengusaha properti Australia Brett Blundy merupakan sekian dari banyak contoh.

Selain itu, diprediksi dalam rentang waktu 10 tahun ke depan, Singapura akan mengalahkan Swiss sebagai pusat orang-orang kaya menyimpan harta kekayaannya.

KOMPAS



KOMENTAR ANDA

Nama Tidak Boleh Kosong

Email Tidak Boleh Kosong

Komentar Tidak Boleh Kosong

Nama :
Email :
Komentar :
Total : 1000