Update: Untuk mendapatkan berita-berita terupdate website marzukialie.com bisa men update melalui twitter kami @marzukialie dan untuk komunikasi langsung dengan Dr. H. Marzuki Alie bisa melalui twitter kami @marzukialie_MA
profile marzuki alie Demokrat

TULISAN

MINTA MAAF DAN MUNDUR?
Oleh : ir.KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M.Sc.,Lic.Eng.,Ph.D
KONSISTENSI BERPOLITIK
Oleh : ir.KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M.Sc.,Lic.Eng.,Ph.D
KSP MOELDOKO?
Oleh : ir.KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M.Sc.,Lic.Eng.,Ph.D
DULU CIUM TANGAN, SEKARANG MENUSUK DARI BELAKANG?
Oleh : ir.KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M.Sc.,Lic.Eng.,Ph.D
Rekonstruksi Kebijakan Pendidikan Nasional
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie

PENCARIAN

ALBUM


DAPATKAN BUKU YANG SUDAH DITANDATANGANI OLEH MARZUKI ALIE untuk palestine Liga Pendidikan Indonesia

BERITA

Harta Bill Gates Selisih Tipis

2013-05-24 08:20:46
Images
Bill Gates kembali mengambil alih kursi nomor satu -orang terkaya di dunia dari tangan konglomerat telekomunikasi Meksiko Carlos Slim, hanya dengan selisih yang "tipis". Tentu tipis di sini dalam konteks para miliader. Peristiwa yang merupakan pertama kalinya sejak tahun 2007 ini, seiring dengan melorotnya saham perusahaan milik Slim di Bursa Meksiko. Menurut Forbes, Peralihan tampuk nomor satu orang terkaya di dunia ini tejadi pada perdagangan Senin (20/5/2013) waktu setempat, setelah saham America Movil turun 0,24 persen pada penutupan perdagangan Jumat (17/5/2013). Hal ini menyebabkan kekayaan Slim berkurang sekitar 82,7 juta dollar AS.

Sementara saham Microsoft menguat 0,6 persen, sehingga kekayaan Gates bertambah sekitar 88,4 juta dollar AS. Hal ini menjadikan kekayaan total Gates menjadi 70  miliar dollar AS, beda "tipis" dengan kekayaan Slim yang mengumpulkan 69,86 miliar dollar AS. Alias selisih "hanya" sekitar 140 juta dollar AS saja.

Selisih harta kedua orang terkaya ini bertambah pada hari Rabu (2/5/2013) menjadi 624 juta dollar AS. Di mana kekayaan Gates pada penutupan Rabu tersebut menjadi 69,8 miliar dollar AS, sedangkan kekayaan bersih Slim menjadi 69,1 miliar dollar AS. Atau selisih 624 juta dollar AS. Asal tahu saja, pada Daftar Orang Terkaya di Dunia 2013 yang telah dirilis sebelumnya, Slim berada di urutan pertama dengan kekayaan bersih 73 miliar dollar AS. Gates di posisi kedua dengan 67 miliar dollar AS.

Pendapatan Orang Singapura Tertinggi di Dunia
Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/ IMF) menobatkan pendapatan rata-rata orang Singapura sebagai yang tertinggi di dunia, yang didasarkan pada pendapatan per kapita dan kemampuan daya beli (purchasing power parity) negara tersebut. IMF mencatat rata-rata pendapatan tiap orang Singapura dalam setahun mencapai 61.567 dollar AS (sekitar Rp 601,32 juta). Jumlah tersebut meningkat 2 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dengan pendapatan itu, Singapura mengungguli 4 negara di bawahnya, Norwegia, Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, dan Swiss. Norwegia sebagai pesaing terdekat terpaut tipis dengan 56.663 dollar AS. Sementara itu, Amerika Serikat masih bercokol di posisi lima besar meskipun negara ini dirundung kelesuan ekonomi.

Dalam riset itu, IMF juga memprediksi kekayaan orang Singapura akan terus meningkat hingga mencapai 77.000 dollar AS di tahun 2018. Di sisi lain, Pemerintah Singapura terus memperkokoh posisinya sebagai hub bisnis konglomerasi internasional untuk menarik berbagai perusahaan multinasional menanamkan modalnya negeri Merlion ini. Fenomena lain yang juga menjadi perhatian IMF adalah semakin dibidiknya Singapura sebagai "tax haven". Dengan pajak yang relatif rendah, orang superkaya dari berbagai belahan dunia memilih hijrah dan tinggal di Singapura. Pendiri Facebook Eduardo Saverin dan pengusaha properti Australia Brett Blundy merupakan sekian dari banyak contoh.

Selain itu, diprediksi dalam rentang waktu 10 tahun ke depan, Singapura akan mengalahkan Swiss sebagai pusat orang-orang kaya menyimpan harta kekayaannya.

Tips Investasi dari Orang Terkaya
Miliarder Warren Buffet memang dikenal sebagai investor paling sukses dalam sejarah. Buffet pun membagi tips-tips sukses dalam berinvestasi terbaiknya. Dalam setiap pembicaraannya di televisi, media cetak, media online, hingga di media sosialnya, Buffet sering melontarkan tips-tips berinvestasi yang pasti menjadi acuan investor di dunia. Berikut 10 tips Warren Buffet tentang investasi terbaiknya, sebagaimana dirangkum dari www.businessinsider.com:
1. Jauh lebih penting membeli perusahaan yang bagus di harga yang wajar daripada harga yang tinggi.
2. Anda tidak perlu jenius untuk berinvestasi bagus. Anda tidak perlu menjadi ilmuwan yang paham tentang seluk beluk investasi. Investasi bukanlah sebuah permainan bahwa orang yang punya IQ tinggi bisa mengalahkan IQ rendah. Namun untuk bisa berinvestasi, Anda hanya perlu mengerti dan paham tentang pasar, portofolio, dan seluk beluk perusahaannya.
3. Jangan beli saham hanya karena orang lain membencinya. Saat membeli saham, pikirkan dengan baik-baik saham tersebut. Lihat portofolio perusahaan dan potensi pasarnya.
4. Waktu terbaik beli perusahaan adalah saat perusahaan itu bermasalah.
5. Jangan tertipu keuntungan besar. Garis antara investasi dan spekulasi tidak berbeda jauh. Namun, garis itu tidak pernah terang dan jelas.
6. Berpikir jangka panjang. Investor berpikir jangka panjang, sedangkan spekulan adalah investor jangka pendek. Jadi, berinvestasilah minimal 5 tahun, 10 tahun, atau di atas 25 tahun.
7. Selamanya adalah waktu yang pas untuk memegang produk investasi. Ketika Anda memiliki porsi investasi bisnis yang bagus dengan manajemen yang bagus, maka cara terbaiknya adalah memegang (investasi tersebut) selamanya.
8. Belilah bisnis yang dapat dijalankan dengan mudah. Belilah saham atau investasi yang mudah dijalankan, bahkan oleh orang idiot sekalipun. Cepat atau lambat, investasi itu akan membuahkan hasil.
9. Investor harus bisa membedakan antara kegembiraan dan biaya yang harus ditanggung saat membeli investasi. Dua hal ini adalah musuh saat berinvestasi. Tipsnya, cobalah untuk menjadi takut saat orang lain serakah, tapi serakahlah hanya ketika orang lain takut.
10. Tidak harus berpindah saat ada kesempatan. Pasar saham adalah permainan. Jadi, tidak harus berpindah portofolio saat harga saham jatuh. Anda lebih baik menunggu atau berkonsultasi dengan manajer keuangan Anda. Jadi saat Anda memutuskan untuk pindah (portofolio), memang Anda memutuskan untuk mencari keuntungan terbaik.

KOMPAS



KOMENTAR ANDA

Nama Tidak Boleh Kosong

Email Tidak Boleh Kosong

Komentar Tidak Boleh Kosong

Nama :
Email :
Komentar :
Total : 1000