Update: Untuk mendapatkan berita-berita terupdate website marzukialie.com bisa men update melalui twitter kami @marzukialie dan untuk komunikasi langsung dengan Dr. H. Marzuki Alie bisa melalui twitter kami @marzukialie_MA
profile marzuki alie Demokrat

TULISAN

Rekonstruksi Kebijakan Pendidikan Nasional
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie
KEDAULATAN DAN KEPEMIMPINAN BAGI PEMBANGUNAN INDONESIA
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie
REFLEKSI AKHIR TAHUN 2013
Oleh : Marzuki Alie Center
INOVASI KREATIF MASYARAKAT INDONESIA
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie
Komitmen Antikorupsi Parlemen ASEAN
Oleh : Oleh Dr. H. Marzuki Alie

PENCARIAN

ALBUM


DAPATKAN BUKU YANG SUDAH DITANDATANGANI OLEH MARZUKI ALIE untuk palestine Liga Pendidikan Indonesia

RESENSI

Pemasaran Politik Di Era Multipartai

Images

JUDUL:Pemasaran Politik Di Era Multipartai
PUBLISHER:expose
WRITER:Dr. Marzuki Alie
CONTENT:Perkembangan politik di Indonesia dari tahun 1999-2009 telah menarik perhatian peneliti dan akademisi untuk mengkaji perilaku pemilih terhadap partai politik dan kandidat politik. Jumlah partai politik dan semaraknya kontestasi politik seperti pemilu dan pilkada dibandingkan era sebelum tahun 1999 sudah menjadi realitas politik yang dihadapi oleh politisi di Indonesia. Persaingan antarpartai politik dan kandidat politik ini menuntut pengelola partai politik dan tim sukses kandidat meningkatkan keunggulannya dalam pembangunan citra, mengaplikasikan bauran pemasaran dalam rangka memperoleh perhatian, kepercayaan dan dukunganmassive dari voter. Latar belakang ini yang mendorong saudara Marzuki Alie untuk mengkaji pemasaran politik dalam disertasinya yang berjudul “Pemasaran Politik dan Politik Kepartaian di Indonesia: Kajian Pemilihan Umum Tahun 2009 di Daerah Khusus Ibukota Jakarta”.

Disertasi ini merupakan kajian indigenous yang masih sedikit dilakukan di Indonesia. Oleh karena itu, buku yang ditulis oleh Saudara Marzuki Alie sebagai mahasiswa di Universiti Utara Malaysia dan salah satu pengelola Partai Demokrat sangat relevan untuk memahami konteks perilaku pemilih di Indonesia. Buku ini akan memberikan pencerahan dengan pembuktian empiris kepada banyak pihak yang mengelola partai politik di Indonesia. Buku ini adalah kebutuhan zaman dalam rangka meningkatkan kualitas persaingan partai politik serta kandidat politik di Indonesia.

Dalam buku ini, penulis memaparkan bagaimana persaingan sempurna (perfect competition) telah membuat partai politik untuk mengaplikasikan pemasaran politik, agar jati dirinya dikenal lugs oleh masyarakat. Juga dipaparkan bagaimana partai politik mempromosikan tokoh politiknya. Bagaimana program kerja, ideologi, dan jargon politik dapat mengundang para pemilih agar tertarik memilih partai tersebut.

Penulis juga mengelaborasi penggunaan konsep pemasaran politik dalam kampanye dan pengaruhnya terhadap sikap, masyarakat dalam mengambil keputusan memilih partai politik. Detail determinan keputusan untuk memilih partai politik seperti ketokohan partai, program kerja, ideologi, citra, dan kedekatan emosional juga diurai dalam buku ini.

Buku ini secara jelas menunjukkan bagaimana aplikasi teori yang sudah Bering dipakai dalam memahami perilaku konsumen dapat diaplikasikan dalam politik. Penulis mengembangkan metode pengukuran faktor-faktor keputusan memilih dariTheory of Reasoned Action (TRA). Pengembangan ini dilakukan oleh penulis sehingga metode pengukuran yang dipakai sesuai dengan konteks politik di Indonesia. Hasil temuan yang diperoleh dari penelitian ini juga menyimpulkan bahwa kecenderungan perilaku memilih partai politik ditentukan oleh sikap, pemilih, baik terhadap tokoh maupun terhadap partai. Kecenderungan sikap pemilih tersebut didorong oleh keyakinan perilaku (behavioral belief) yang, antara lain, terwujud dalam bentuk faktor ketokohan dan hubungan emosional serta keyakinan normatif (normative beliefs) dalam bentuk faktor platform (program), citra partai, dan ideologi partai politik.

Saya merekomendasikan buku ini untuk dibaca dan dapat menjadi sumber referensi kajian pemasaran politik di Indonesia. Buku ini perlu dibaca oleh semua pihak yang mempunyai kepedulian dengan perkembangan partai politik di Indonesia. Anak bangsa yang mempunyai passion dalam meningkatkan kualitas partai politik dan kandidatnya dengan pendekatan modern pemasaran politik. Buku ini juga akan menambah pemahaman pembaca mengenai best practice berdasarkan pengalaman pemilu tahun 2009 di DKI Jakarta.

Sample DKI Jakarta mampu merepresentasikan profil pemilih masyarakat perkotaan (urban). Terlebih lagi DKI Jakarta merupakan melting-point masyarakat Indonesia. Beragam suku dan Tatar belakang profesi terdapat di DKI Jakarta. Hal ini membuat pemilih DKI Jakarta, sedikit-banyak, mampu mencerminkan keragaman masyarakat Indonesia. Buku ini adalah sedikit buku referensi Pemilu 2009 yang ditulis berdasarkan data empiris yang dikumpulkan langsung oleh penulis melalui penelitian disertasi Doktoral-nya.

Sebagai penutup, saya memberikan apresiasi atas kerja keras Saudara Marzuki Alie yang berbuah buku pemasaran politik ini. Saya juga berharap teman-teman akademisi dan partai politik dapat saling berbagi melalui buku, publikasi, penelitian, dan karya ilmiah untuk menganalisis, bekerja sama, dan saling bertukar pikiran dalam upaya meningkatkan kualitas kajian dan praktik pemasaran politik di Indonesia. Hal baik yang dilakukan oleh penulis, Saudara Marzuki Alie, adalah bentuk kepedulian seorang anak bangsa terhadap politik di Indonesia. Penulis peduli dan berbagi agar anak bangsa lainnya dapat tercerahkan dan meningkatkan kemampuannya membangun kualitas politik di Indonesia.
 
Prof. Firmansyah. Ph. D
Dekan Fakultas Ekonomi UI


KOMENTAR ANDA

Nama Tidak Boleh Kosong

Email Tidak Boleh Kosong

Komentar Tidak Boleh Kosong

Nama :
Email :
Komentar :
Total : 1000

Fitria Ningsih Sam, SE
April 13 2014 , 04:47
Pemikiran beliau adalah aset negara. Saya pastikan untuk mempercayakan beliau sbg pemegang amanah bagi rakyat Indonesia. Quote beliau yg sll saya ingat,\"Politik tidak cerdaslah yang merusak Partai.\"
Rika Laxmi
Maret 11 2014 , 07:14
Salam sukses pak, semakin penasaran untuk bisa melihat lebih dekat pemikiran bapak dengan membaca buku ini, semoga saya mendapatkannya dan bapak menjadi presiden Aamiin...
ika nurjannah
Pebruari 13 2014 , 04:14
setuju dengan bapak,,,semuga bapak memberikan kebijakan2 yang bisa mmbuat indonesia mnjadi lebih baik lagi,,,amin.....
eko
Januari 25 2014 , 09:03
top markotop. aku tunggu bukunya lho ....
budiman
Desember 2 2013 , 06:36
Bagaimana saya di malaysia boleh mendapatkan buku ini?
Hamdan Husen Siregar
September 24 2013 , 14:31
Salam kenal untuk pak marzuki alie... Buku ini bisa menjadi refrensi dan rujukan bagi rakyat indonesia apalagi menjelang pemilu 2014 yang semakin dekat, baik itu untuk para calon yang akan bertarung, maupun para pemilih agar menjadi pemilih yang cerdas. semoga bermanfaat...
Zahrial Lamno
September 11 2013 , 06:44
Salam Kenal ... Maju terus pak ... semoga Kejujuran dan Amanah selalu bersama Bapak. Strategi Pemasaran Politik yang ampuh adalah hanya Produk Amanah dan Jujur. Saya yakin Konsumen (pemilih) akan mencari produk tersebut dipasar yang multi produsen.
aderson situngkir
Agustus 1 2013 , 04:30
Buku ini layak dijadikan referensi untuk dosen, mahasiswa, pengamat, peneliti dan praktisi politik karena berdasarkan data empiris. Buku ini memperkaya ilmu politik khususnya pemilu yang selalu dianggab orang ilmu kering, susah referensi. untuk itu patut dijadikan sebagai buku wajib bagi semua pihak yang berminat pada politik baik teori apalagi praktisi. Baca dulu buku ini baru bicara.