Update: Untuk mendapatkan berita-berita terupdate website marzukialie.com bisa men update melalui twitter kami @marzukialie dan untuk komunikasi langsung dengan Dr. H. Marzuki Alie bisa melalui twitter kami @marzukialie_MA
profile marzuki alie Demokrat

TULISAN

Rekonstruksi Kebijakan Pendidikan Nasional
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie
KEDAULATAN DAN KEPEMIMPINAN BAGI PEMBANGUNAN INDONESIA
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie
REFLEKSI AKHIR TAHUN 2013
Oleh : Marzuki Alie Center
INOVASI KREATIF MASYARAKAT INDONESIA
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie
Komitmen Antikorupsi Parlemen ASEAN
Oleh : Oleh Dr. H. Marzuki Alie

PENCARIAN

ALBUM


DAPATKAN BUKU YANG SUDAH DITANDATANGANI OLEH MARZUKI ALIE untuk palestine Liga Pendidikan Indonesia

ANTAR PARLEMEN

KEGIATAN DPR-RI MINGGU PERTAMA OKTOBER 2013

Images
Minggu Pertama Oktober, kegiatan Dewan ditandai dengan kedatangan Presiden Republik Rakyat Tiongkok beserta rombongan ke DPR RI dengan agenda Courtesy Call kepada Ketua DPR RI dan forum publik Presiden RRT dihadapan Anggota DPR dan Tokok-tokoh penting. Selain itu, terdapat agenda Rapat Paripurna DPR RI tanggal 1 Okotober 2013,Laporan Ketua Komisi III dan Hasil Rapat Tim Pengawas Century 2 Oktober.

Courtesy Call Presiden RRT dengan Ketua DPR RI 
Pada agenda ini, Ketua DPR RI didampingi oleh para Wakil Ketua DPR RI. Pada sambutannya, Ketua DPR RI memberikan ucapan selamat datang dan apresiasi atas kehadiran Presiden China, Yang Mulia Mr. Xi Jinping dan Ketua DPR RI juga mengucapkan selamat atas terpilihnya beliau sebagai Presiden sejak 14 Maret 2013. Diharapkan, di bawah kepemimpinan H.E. Mr. Xi Jinping, RRT akan semakin dekat dengan Indonesia, dan semakin banyak bidang kerjasama yang dijalankan bagi kedua negara.

Dalam hubungan diplomatik kedua negara, telah ditegaskan kerjasama yang dibangun adalah dalam kerangka kemitraan strategis Joint Declaration on Strategic Partnership tanggal 25 April 2005, yang diperkuat dengan ditandatangani nya Plan of Action strategis 2010-2015. Kerjasama di berbagai  bidang secara bilateral terus meningkat. Hal ini didorong oleh reformasi politik yang mulai dijalankan oleh Presiden Prof.Dr. BJ Habibie dan kemudian oleh Presiden Abdurrahman Wahid.

Pertemuan terakhir Presiden RI dengan Presiden RRT adalah sangat produktif dan memberikan momentum baru bagi penguatan kemitraan strategis, komprehensif kedua negara, antara lain; kerjasama di bidang tekhnologi.

DPR berharap pihak RRT berkenan melakukan transfer teknologi kepada Indonesia dalam bidang kerjasama tekhnologi angkasa dan tekhnologi militer. Dalam kaitannya dengan DPR RI,perlu dibangun kerjasama yang lebih intensif antar kedua parlemen, dalam bentuk saling kunjung. Kerjasama bisnis dan perdagangan, kerjasama sektor pariwisata dan pendidikan.

Forum Publik Presiden RRT dihadapan Anggota DPR dan Tokoh-tokoh penting 
Agenda kedua kunjungan Presiden China, H.E. MR. Xi Jinping ke DPR. Forum publik mengambil tempat  di Pustaka Loka (Nusantara IV). Forum ini dihadiri Pimpinan MPR, DPR dan DPD , tokoh-tokoh penting serta undangan lainnya.  Dalam pengantar pertemuan, Ketua DPR mengatakan bahwa sejak ditandatanganinya MOU on the Resumption of Diplomatic Relations RI-RRT di Jakarta, pada tanggal 8 Agustus 1990, hubungan kedua Negara semakin berkembang baik, ditandai dengan saling melakukan kunjungan kenegaraan oleh kedua kepala negara, dan bahkan kunjungan timbal balik kedua parlemen telah dilakukan.

Kerjasama di berbagai bidang secara bilateral terus meningkat. Perkembangan ekonomi Indonesia dan peningkatan kerjasama bilateral ini tercermin antara lain dari meningkatnya minat investasi di antara para investor kedua negara. Peningkatan minat tersebut juga terlihat dari beberapa kunjungan delegasi kalangan pengusaha RRT ke Indonesia guna menjajaki kerjasama investasi.

Dalam bidang ekonomi, volume perdagangan kedua negara terus mengalami peningkatan. Volume perdagangan tersebut meningkat secara drastis, dari 26,6 miliar dolar AS pada 2009 menjadi 66,6 miliar dolar AS pada 2012. Tiongkok kini menjadi mitra dagang terbesar kedua bagi Indonesia, dan ditargetkan pada 2015 volume perdagangan kedua negara meningkat menjadi 80 miliar dolar AS. Namun demikian, defisit perdagangan bagi Indonesia mencapai 5,7 miliar dolar AS. Hal yang positif bagi Indonesia, Tiongkok merupakan negara tujuan ekspor non-migas Indonesia, yang pencapaian nilai eskpornya adalah terbesar selama periode Januari-Juli 2013, mencapai 12 miliar dolar AS. Di bidang investasi, jumlah investasi Tiongkok ke Indonesia pada 2012 tercatat 2,2 miliar dolar AS. Di sektor pariwisata bahkan jumlah turis Tiongkok ke Indonesia meningkat sekitar 14% dari tahun ke tahun sejak 2009.

Pada pidatonya, Presiden Xi Jinping mengatakan bahwa beberapa hal yang perlu diusahakan; Pertama, memegang teguh kesepakatan dan membangun persahabatan. Dengan tulus ikhlas Tiongkok ingin menjalin persahabatan dengan Negara-negara ASEAN dan terus menerus memperkukuh asas saling percaya dibidang politik dan strategi. Kedua, memegang teguh prinsip kerjsama saling menguntungkan. Ada semboyan: “Kepentingan yang dipertimbangkan haruslah merupakan kepentingan bersama”. Tiongkok bersedia memperluas keterbukaan terhadap negara-negara ASEAN, supaya saling menguntungkan. Ketiga, bahu membahu dan saling membantu. Tiongkok dan ASEAN memikul tanggung jawab bersama-sama dalam mempertahankan kedamaian dan stabilitas kawasan. Keempat, melakukan kerjasama diberbagai bidang. Pepatah mengatakan “ Pohon yang besar tumbuh dari tunas yang kecil, gedung yang tinggi pastilah dibangun dari dasarnya”. Kelima, keterbukaan dan toleransi. Pepatah mengatakan “Karena keluasannnya, lautan mampu menampung air dari ratusan sungai”. Tiongkok dan ASEAN sama-sama menciptakan peradaban yang kaya dan gemilang.

Dalam pidatonya, Presiden Xi Jinping juga mengatakan bahwa Tiongkok akan berteguh pada kebijakan keterbukaan, berteguh pada jalan sosialisme berkarakteristik Tiongkok, berfokus pada urusan internal, terus mendorong pembangunan modernisasi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. 


KOMENTAR ANDA

Nama Tidak Boleh Kosong

Email Tidak Boleh Kosong

Komentar Tidak Boleh Kosong

Nama :
Email :
Komentar :
Total : 1000