Update: Untuk mendapatkan berita-berita terupdate website marzukialie.com bisa men update melalui twitter kami @marzukialie dan untuk komunikasi langsung dengan Dr. H. Marzuki Alie bisa melalui twitter kami @marzukialie_MA
profile marzuki alie Demokrat

TULISAN

Rekonstruksi Kebijakan Pendidikan Nasional
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie
KEDAULATAN DAN KEPEMIMPINAN BAGI PEMBANGUNAN INDONESIA
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie
REFLEKSI AKHIR TAHUN 2013
Oleh : Marzuki Alie Center
INOVASI KREATIF MASYARAKAT INDONESIA
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie
Komitmen Antikorupsi Parlemen ASEAN
Oleh : Oleh Dr. H. Marzuki Alie

PENCARIAN

ALBUM


DAPATKAN BUKU YANG SUDAH DITANDATANGANI OLEH MARZUKI ALIE untuk palestine Liga Pendidikan Indonesia

BERITA

Wisuda ke 11 sesi 2 Universitas Indo Global Mandiri

2018-12-17 09:19:00
Images
Sebanyak 335 Mahasiswa dari 14 program studi,  berbagai Fakultas Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) secara resmi di Wisuda Sabtu (8/12). Wisuda ke 11 sesi 2, UIGM ini dipimpin langsung  oleh Rektor UIGM Marzuki Alie, MM, PhD, bersama Sekretaris Kabinet RI : Dr. Ir. Pramono Anung Wibowo, Kordinator Lldikti, Prof. Dr. Slamet Widodo MM. juga dihadiri Asisten III Gubernur Sumsel Prof. Edward. Adapun mahasiswa yang di wisuda ada 323 mahasiswa dari Program Pascasarjana dan Sarjana, serta 12 mahasiswa dari program Diploma III dari 14 Program Studi.

Rektor UIGM Marzuki Alie berharap, lulusan UIGM dapat memanfatkan ilmu yang diperoleh untuk masa depan lebih baik, sehingga alumni bisa melihat dan memanfaatkan peluang kerja.
“Kalian juga dapat membuka peluang usaha, karena Indonesia butuh entrepreneur. Kalian sudah punya modal untuk kerja. Ada beberapa yang bisa diperoleh dan diproses. Jangan sampai lulusan tidak kerja,” ujarnya
Marzuki Alie mengungkapkan, target kedepan UIGM adalah semakin baik, meski diakuinya tantangan kedepan semakin sulit. Untuk itu, pola pembelajaran UIGM juga dirubah, yakni dengan memanfaatkan media digital.

Lebih lanjut Marzuki Alie,  mengacu pada konsep pendidikan 4.0 dalam rangka mengantisipasi terjadi disrupsi teknologi yang kita kenal sebagai revolusi industri 4.0. UIGM juga telah melakukan antipasi dan terus akan melakukan perubahan mengikuti kemajuan teknologi digital yakni pertama membekali multi kompetensi kepada lulusannya yaitu kepada mahasiswa tidak hanya dibekali dengan mata kuliah sesuai kompetensi prodinya.  Selain itu,  juga diberikan beragam kompetensi lainnya yang sudah menjadi common skill antara lain kemampuan codding dalam bidang teknologi informasi.

"Mahasiswa harus aktif mengekplorasi sumber belajar yang sangat melimpah di dunia maya," katanya.
"Memberikan ruang dan waktu yang lebih luas kepada peserta didik untuk membangun kemampuan soffskillnya seperti speaking and communication,  colaboration,  creative thingking,  analytical thinking,  teamwork,  bekerjasma dengan institudi di luar kampud melalui  beragam bekerjasama dengan beragam institusi untukbmenambah kemampuan mahasiswa UIGM, " tandasnya. 

Dia melanjutkan,  demikian juga dengan tenaga pendidik,  dengan melimpahnya sumber belajar di dunia maya, dirinya berharap para pendidik dapat memanfaatkan sumber-sumber belajarbini secara optimal, dan juga menghadirkan atau mengenalkan kepada peserta didik baik dalam kelas konvensional maupun kelas maya.

"Dalam hal ini pemanfaatan e learning merupakan keharusan dalam menjawab revolusi industri ini.  Penerapan blended learning,  flip classroom,  juga merupakan metode pembelajaran yang dapat kita terapkan.  Dengan pemanfaatan e learning ini,  saya berharap peserta didik dapat beajar tanpa dibatasi ruang dan waktu, " bebernya.

"Selain itu,  melalui pemanfaatan e learning kedepan saya berharap bahwa pertemuan tatap muka dapat dikurangi, sehingga dapat memberikan waktu yang lebih banyak kepada peserta didik untuk melaksanakan kegiatan -kegiatan yang dapat membangun kemampuan softskil mereka,"tutupnya.

Dia melanjutkan, demikian juga dengan tenaga pendidik, dengan melimpahnya sumber belajar di dunia maya, dirinya berharap para pendidik dapat memanfaatkan sumber-sumber belajar dini secara optimal, dan juga menghadirkan atau mengenalkan kepada peserta didik baik dalam kelas konvensional maupun kelas maya.
"Dalam hal ini pemanfaatan e learning merupakan keharusan dalam menjawab revolusi industri ini.

Penerapan blended learning, flip classroom, juga merupakan metode pembelajaran yang dapat kita terapkan. Dengan pemanfaatan e learning ini, saya berharap peserta didik dapat beajar tanpa dibatasi ruang dan waktu, " bebernya.

"Selain itu, melalui pemanfaatan e learning kedepan saya berharap bahwa pertemuan tatap muka dapat dikurangi, sehingga dapat memberikan waktu yang lebih banyak kepada peserta didik untuk melaksanakan kegiatan -kegiatan yang dapat membangun kemampuan softskil mereka," pungkasnya. Tidakhanya itu kegiatan wisudah ini juga dihadiri Sekertaris Kabinet RI Pramono AnungWibowo yang sangat menginspirasi para sarjana muda.

"Kita bangga dengan para anak muda dan para sarjana muda ini, karena memang pemerintah sudah memprogramkan industri kreatif yang memang sudah ada dalam diri bangsa ini," ungkapnya
Dalam sambutannya, Rektor UIGM Marzuki Alie, MM, PhD, meminta kepada para alumni yang sudah di wisuda nantinya dapat mendukung UIGM dalam hal akreditasi, karena menurutnya tanpa didukung kompetensi para alumni, maka betapapun baiknya nilai akreditasi tersebut tidak memberikan manfaat apapun.
“Akreditasi adalah persyaratan formal untuk memastikan Perguruan Tinggi sudah dikelola sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Ristek dan Dikti,” jelasnya.

Ditambahkannya, Kemajuan UIGM tentunya bukanlah semata mata hasil dari upaya sivitas akademika yang saja melainkan juga karena peran besar para alumnusnya.
“Keberhasilan dan prestasi alumni inilah yang juga kami yakini menjadikan UIGM sebagai tujuan untuk menimba ilmu bagi masyarakat luas. Mari kita besarkan UIGM ini bersama dengan hati dan kerja yang ikhlas, kerja cerdas, kerja keras, kerja tuntas,” tandasnya.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang hadir pada kegiatan ini, memberikan orasi ilmiah pada Sidang terbuka Senat Universitas Indo Global Mandiri (UIGM). “Wisuda UIGM ini merupakan awal dari tantangan para saudara-saudara untuk betul-betul bekerja di lingkungan masyarakat,” kata Seskab di hadapan 335 wisudawan dan wisudawati UIGM.

Seskab yang disambut langsung Rektor UIGM Marzuki Ali, juga menyampaikan bahwa setelah wisuda para wisudawan/wisudawati agar tidak terburu-buru menikah namun berbaktilah terlebih dahulu kepada orang tua.
“Karena saya yakin orang tua yang ada di ruangan ini masih mendoakan kalian semua untuk bisa berhasil dan juga berhasil di masyarakat karena tidak semua orang tua menikmati pendidikan seperti Saudara-saudara sekalian,” ucap Seskab.

Lebih lanjut, Seskab menambahkan bahwa wisuda di perguruan tinggi itu merupakan langkah awal untuk dapat berbakti pada bangsa dan negara dan yang paling utama adalah untuk keluarga.
“Karena semua orang yang jadi, pasti karena doa orang tua terutama doa dari Ibu. Sebab kalau doa Bapak, doanya bisa macam-macam. Kalau doa Ibu, pasti lebih tulus,” tutur Seskab.
Sekertaris Kabinet RI Pramono Anung Wibowo juga memberikan inspirasi kepada para sarjana muda. “Kita bangga dengan para anak muda dan para sarjana muda ini, karena memang pemerintah sudah memprogramkan industri kreatif yang memang sudah ada dalam diri bangsa ini,” ungkapnya.



KOMENTAR ANDA

Nama Tidak Boleh Kosong

Email Tidak Boleh Kosong

Komentar Tidak Boleh Kosong

Nama :
Email :
Komentar :
Total : 1000
news not ready