Update: Untuk mendapatkan berita-berita terupdate website marzukialie.com bisa men update melalui twitter kami @marzukialie dan untuk komunikasi langsung dengan Dr. H. Marzuki Alie bisa melalui twitter kami @marzukialie_MA
profile marzuki alie Demokrat

TULISAN

Rekonstruksi Kebijakan Pendidikan Nasional
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie
KEDAULATAN DAN KEPEMIMPINAN BAGI PEMBANGUNAN INDONESIA
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie
REFLEKSI AKHIR TAHUN 2013
Oleh : Marzuki Alie Center
INOVASI KREATIF MASYARAKAT INDONESIA
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie
Komitmen Antikorupsi Parlemen ASEAN
Oleh : Oleh Dr. H. Marzuki Alie

PENCARIAN

ALBUM


DAPATKAN BUKU YANG SUDAH DITANDATANGANI OLEH MARZUKI ALIE untuk palestine Liga Pendidikan Indonesia

BERITA

MoU Universitas IGM dengan Badan Informasi Geospasial (BIG)

2016-06-13 10:54:00
Images

Sebagai tindak lanjut dari keluarnya PP No 9 Tahun 2016 Tentang kebijakkan satu peta pada seluruh perencanaan dan pengambilan keputusan dalam pembangunan di Indonesia, maka sesuai Tugas dan wewenang yang diamanatkan dalam Undang-Undang No  4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial, Badan Informasi Geospasial (BIG) sebagai lembaga satu-satunya di Indonesia yang berwenang dalam penyediaan dan memverifikasi keabsahan semua peta dasar yang digunakan untuk perencanaan pembangunan, memandang perlu segera menyebarluaskan dan menyediakan peta dasar hingga keseluruh wilayah di Indonesia. Tugas tersebut tentulah tidak mudah, karena luasnya wilayah NKRI. Untuk mempercepat proses penyediaan dan penyelenggaraan informasi Geospasial hingga skala informasi Desa, maka BIG melakukan bekerjasama dengan perguruan tinggi baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta di setiap provinsi di Indonesia.

Di Provinsi Sumatera Selatan BIG melakukan kerjasama dengan Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) dalam kerangka membantu menyebarluaskan data dan informasi Geospasial, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Informasi Geospasial, penyelenggaraan kegiatan peningkatan dan pengembangan kompetensi Sumberdaya Manusia di bidang Informasi Geospasial, dan pengembangan simpul jaringan dalam kerangka Jaringan Informasi Geospasial Nasional. 

Kerjasama ini didasari karena UIGM satu-satunya perguruan tinggi di provinsi Sumatera Selatan yang mempunyai program studi Survei dan Pemetaan sejak Tahun 2004, yang diharapkan dapat membantu BIG dalam peningkatan dan pengembangan Kompetensi Sumberdaya Manusia di bidang Informasi Geospasial serta pengembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi di bidang Informasi Geospasial di Provinsi Sumatera Selatan.

Kebutuhan sumberdaya manusia yang berkualitas dalam bidang  Geospasial saat ini menjadi suatu kebutuhan yang tidak dapat ditawar-tawar lagi, karena seluruh dasar perencanaan hingga informasi selalu berbasiskan data geospasial. Perkembangan teknologi Informasi yang begitu cepat, telah  mendorong pertumbuhan penggunaan data Geospasial menjadi suatu kebutuhan. Untuk itu kebutuhan sumberdaya manusia dalam disiplin ilmu Geomatik banyak dibutuhkan untuk membantu penyediaan peta dasar seluruh wilayah Indonesia. Pilihan karir lulusan SDM bidang Geomatik, hampir semua instansi pemerintah dan swasta masih sangat banyak dibutuhkan, terutama untuk menyediakan peta dasar dan membuat dan mengelola informasi tematik yang berbasis spasial. Program Studi Survei dan pemetaan, Fakultas Teknik, Universitas Indo Global Mandiri telah banyak membantu penyediaan sumberdaya manusia dibidang Geospasial sejak Tahun 2004, melalui pendidikan yang diselenggarakannya, terutama di wilayah Sumatera Selatan.

Atas dasar keberadaan program studi Survei dan Pemetaan di UIGM tersebut, BIG telah memandang perlu UIGM untuk diajak bekerjasama dalam membantu penyebarluasan dan penyediaan serta peningkatan kemampuan Sumberdaya manusia di bidang Informasi Geospasial. Untuk menindaklanjuti MOU yang telah ditandatangani di Cibinong, Bogor pada Tanggal 13 Mei 2016 yang lalu, UIGM bekerjasama dengan BIG akan membuat pilot proyek Sistem Informasi Desa dengan mengambil pilot proyek salah satu desa di Provinsi Sumatera Selatan. Hal yang sama telah dilakukan di Provinsi Jawa Tengah, kerjasama BIG dengan Universitas Diponegoro, di Kabupaten Kulon Progo, DIY, kerjasama BIG dengan UGM. Di Kabupaten Bandung, BIG dengan ITENAS. Diharapkan pilot proyek pembuatan Sistem Informasi Desa yang dilakukan di Provinsi Sumatera Selatan tersebut akan dapat dijadikan sebagai model yang mewakili informasi Geospasial wilayah Desa untuk luar Jawa.

Sistem Informasi Desa, sudah sangat mendesak diperlukan, karena kebijakan Pemerintah untuk membangun wilayah dari pinggiran, yaitu wilayah Desa dan perbatasan. Melalui dana desa, pembangunan akan dilakukan dari Desa melalui pemberdayaan masyarakat Desa. Atas dasar tersebut pemerintah memandang perlu, ketersediaan informasi potensi di masing-masing Desa harus diketahui, sehingga diharapkan dengan informasi yang tersedia pada masing-masing Desa, perencanaan, pembiayaan, dan pembangunan desa dapat dilaksanakan dan dimanajemen secara baik. Yang pada akhirnya akan menjadi informasi seluruh Desa dalam wilayah Kabupaten dan Kota, sehingga manajemen dapat dikendalikan dari mana saja melalui manajemen berbasiskan Sistem Informasi yang berbasis Geospasial.




KOMENTAR ANDA

Nama Tidak Boleh Kosong

Email Tidak Boleh Kosong

Komentar Tidak Boleh Kosong

Nama :
Email :
Komentar :
Total : 1000
news not ready