Update: Untuk mendapatkan berita-berita terupdate website marzukialie.com bisa men update melalui twitter kami @marzukialie dan untuk komunikasi langsung dengan Dr. H. Marzuki Alie bisa melalui twitter kami @marzukialie_MA
profile marzuki alie Demokrat

TULISAN

Rekonstruksi Kebijakan Pendidikan Nasional
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie
KEDAULATAN DAN KEPEMIMPINAN BAGI PEMBANGUNAN INDONESIA
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie
REFLEKSI AKHIR TAHUN 2013
Oleh : Marzuki Alie Center
INOVASI KREATIF MASYARAKAT INDONESIA
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie
Komitmen Antikorupsi Parlemen ASEAN
Oleh : Oleh Dr. H. Marzuki Alie

PENCARIAN

ALBUM


DAPATKAN BUKU YANG SUDAH DITANDATANGANI OLEH MARZUKI ALIE untuk palestine Liga Pendidikan Indonesia

LEGISLASI

KEGIATAN DPR-RI MINGGU PERTAMA APRIL 2014

Images
Minggu Pertama bulan April diisi dengan kegiatan Ketua DPR, yaitu melakukan pengambilan sumpah dua anggota DPR PAW tanggal 25 Maret 2014. Kemudian menerima delegasi Serikat Pekerja PT Newmont Nusa Tenggara dan memberikan kuliah tamu di hadapan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada 22 Maret 2014.

Penggantian Antar Waktu (PAW) Dua Anggota DPR 
Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2014. Kedua anggota yang mengucapkan sumpah adalah; (1) RR.Ida Resmi Nurani sebagai anggota DPR mewakili PDIP Dapil Jawa Tengah VII, menggantikan Ganjar Pranowo SH atas dasar Keppres No.18./P tahun 2014, (2) drg.Hj.Rini Rahmadhani sebagai anggota DPR mewakili Partai Golkar Dapil Riau I, menggantikan Ir.H.Arsyad Juliandi Rachman M.B.A atas dasar Keppres No.17/p tahun 2014.

Menerima Delegasi Serikat Pekerja PT Newmont
Ketua DPR RI didampingi oleh Pimpinan Fraksi PKS, Fachri Hamzah. Dalam pertemuan, dua serikat pekerja, yaitu serikat pekerja kimia, energi dan pertambangan SPSI serta Pengurus Unit Kerja Serikat Pekerja Tambang Samawa PT Newmont menyampaikan point-point aspirasi pekerja.

Pertama; Bahwa sejak berlakunya penerapan UU No.24 tahun 2009 tentang Minerba serta turunan nya, yakni PMK (Peraturan Menteri Keuangan) No.06 tahun 2014 tentang Biaya Keluar Progressif dan Permen No.01 tahun 2014 yang menghendaki adanya proses pemurnian dalam negeri terhadap hasil pertambangan, ternyata berimbas terhadap pekerja secara menyeluruh, termasuk pekerja yang berada di PT Newmont Nusa Tenggara.

Kedua; Serikat Pekerja memberikan sikap mendukung pemberlakuan UU Minerba No.4 tahun 2009 dan mendukung agar PT Newmont Nusa Tenggara agar tetap beroperasi di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Ketiga; menyampaikan kepada DPR dan Pemerintah untuk dapat merevisi UU serta Peraturan Pemerintah yang dapat mengancam kelangsungan hidup pekerja. Keempat; menuntut agar peraturan Menteri Keuangan tentang biaya keluar progressif direvisi, karena berdampak terhadap hilangnya pekerjaan dan berpotensi memutus rantai ekonomi pekerja dan keluarganya.

Kelima; meminta DPR dan Pemerintah agar dapar menjamin terselesaikannya persoalan Pemerintah dengan PT Newmont Nusa Tenggara Barat, agar pekerja dapat hidup dengan tenang tanpa kecemasan yang berkepanjangan. Keenam; menolak PHK dan upaya-upaya PHK yang akan dilakukan oleh PT Newmont Nusa Tenggara. Ketujuh; mendorong terciptanya keberlangsungan operasional perusahaan dengan memastikan pekerja tetap bekerja dengan aman, tepat dan selamat.

Delegasi juga meminta agar DPR RI dapat melakukan langkah-langkah terobosan menghadapi usulan dari para pekerja yang diwakili oleh Serikat Pekerja.

Menyikapi usulan para pekerja, Ketua DPR mengatakan bahwa UU Minerba ini juga telah dicermati oleh kalangan Dewan dan sikap Dewan adalah agar UU tersebut tetap diberlakukan. Adapun persoalan yang terjadi dilapangan, adalah dampak dari implementasi adanya Peraturan Menteri yang membawa kekhawatiran para pekerja tentang PHK. Ketua menjanjikan bahwa masalah ini akan dibahas dalam rapat Pimpinan lebih dahulu, untuk kemudian ditindak lanjuti atas dasar Keputusan Rapim. Hal ini terkait masa reses anggota DPR RI yang sedang berlangsung hingga minggu pertama Mei 2014. Kalangan DPR sangat memahami isi UU, karena pembahasan UU tersebut dilakukan antara DPR dan Pemerintah. Harapan DPR RI adalah, bahwa setelah aturan tersebut diundangkan, maka sebaiknya Pemerintah perlu bersiap sejak dini dan jangan menunggu hingga lima tahun untuk membuat aturan turunan dari UU.

Kuliah Tamu di UMM 
Pada sessi kuliah tamu yang disampaikan oleh Ketua DPR RI di UMM, menyeru agar mahasiswa jangan sampai membenci partai politik karena parpol merupakan salah satu pilar demokrasi. Lebih lanjut Ketua DPR menyatakan bahwa parpol mempunyai peranan penting dalam sistem demokrasi. Banyaknya masalah yang dihadapi parpol menunjukkan bahwa sistem yang ada harus diperbaiki. Lingkungan kampus dihimbau agar mengerti dan paham politik, tapi bukan berpolitik praktis. Dalam kuliah tamu ini, Ketua DPR mengurai bahwa kasus korupsi yang melibatkan pejabat negara, baik ditingkat nasional maupun lokal, merupakan hal yang lumrah, sebagai konsekuensi perpindahan dari negara otoriter menuju negara demokratis.

Tesis Lord Acton, power tends to corrupt and absolute power corrupt absolutely, diamini oleh Ketua DPR. Kekuasaan memang mendorong seseorang berprilaku korup. Dalam lawatan yang berlangsung selama dua jam tersebut, Ketua DPR menyatakan bahwa sekarang ini prilaku korup juga banyak terjadi ditingkat lokal, mulai dari Gubernur hingga Bupati. Namun, ini adalah fase demokrasi yang harus dijalani oleh masyarakat Indonesia. Lebih lanjut, Ketua mengatakan bahwa parpol yang menjadi salah satu pilar demokrasi, memang perlu dikawal. Mahasiswa diminta agar jangan membenci parpol, karena dari situlah lahir para pemimpin bangsa, mulai dari Presiden, Gubernur, Bupati, Walikota hingga DPR. Karenanya, Ketua DPR mendorong agar mahasiswa berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2014 dan tidak antipati. Jika mahasiswa ingin mengkritik, sebaiknya mengkritik dengan rasional dan bukan emosional. Hal ini mengingat bahwa mahasiswa, sebagai generasi muda yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan para pemimpin saat ini. 



KOMENTAR ANDA

Nama Tidak Boleh Kosong

Email Tidak Boleh Kosong

Komentar Tidak Boleh Kosong

Nama :
Email :
Komentar :
Total : 1000