Update: Untuk mendapatkan berita-berita terupdate website marzukialie.com bisa men update melalui twitter kami @marzukialie dan untuk komunikasi langsung dengan Dr. H. Marzuki Alie bisa melalui twitter kami @marzukialie_MA
profile marzuki alie Demokrat

TULISAN

MINTA MAAF DAN MUNDUR?
Oleh : ir.KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M.Sc.,Lic.Eng.,Ph.D
KONSISTENSI BERPOLITIK
Oleh : ir.KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M.Sc.,Lic.Eng.,Ph.D
KSP MOELDOKO?
Oleh : ir.KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M.Sc.,Lic.Eng.,Ph.D
DULU CIUM TANGAN, SEKARANG MENUSUK DARI BELAKANG?
Oleh : ir.KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M.Sc.,Lic.Eng.,Ph.D
Rekonstruksi Kebijakan Pendidikan Nasional
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie

PENCARIAN

ALBUM


DAPATKAN BUKU YANG SUDAH DITANDATANGANI OLEH MARZUKI ALIE untuk palestine Liga Pendidikan Indonesia

LEGISLASI

KEGIATAN DPR-RI MINGGU PERTAMA JULI 2013

Images
Minggu pertama bulan Juli ini, kegiatan Dewan ditandai dengan Rapat Paripurna tanggal 25 Juli. Selain itu, dilaporkan mengenai perkembangan pembahasan fungsi legislasi dan PAW. Berikut rangkumannya:

Rapat Paripurna 25 Juli 2013
Rapat Paripurna ini mengagendakan Pembicaraan Tingkat II/Pengambilan Keputusan Terhadap RUU tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), dan pembentukan tiga Pansus, yaitu Pansus RUU tentang Pengakuan dan Perlindungan Hak Masyarakat Hukum Adat, Pansus RUU tentang Perubahan Atas UU No. 27 tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, dan Pansus RUU tentang Perubahan Harga Rupiah.

Sebelumnya, Pemimpin Sidang melaporkan adanya surat masuk dari Presiden, yaitu surat tertanggal 20 Juni perihal RUU tentang Pengesahan Konvensi Internasional untuk Perlindungan Orang dari Penghilangan Paksa, dan surat tertanggal 21 Juni perihal Perpanjangan Masa Jabatan Keanggotaan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Periode 2008-2013. Kedua surat ini diserahkan kepada Badan Musyawarah untuk ditindaklanjuti.

Pembicaraan Tingkat II/Pengambilan Keputusan Terhadap RUU Ormas, didahului laporan Ketua Pansus H.A. Malik Haramain MSi. Laporannya terbagi atas dua hal, yaitu Laporan Proses Pembahasan, dan Laporan Atas Materi Hasil Pembahasan Pembicaraan Tingkat I atas RUU Ormas. Dalam proses pembahasan dilaporkan bahwa, Raker secara intensif telah dilakukan dengan wakil Pemerintah, yaitu Mendagri, Menkumham, Kepala BAPPENAS, Kemenlu, Kemenag, Kemensos, Kemenpora, Kapolri, Kejaksaan Tinggi dan Kepala BIN. Rapat Dengar Pendapat dilakukan dengan Komnas HAM. Rapat Dengar Pendapat Umum dilakukan dengan Ormas-Ormas Keagamaan, diantaranya NU, Muhammadiyah, Walubi, PGI, Hisbut Tahrir, Forum Umat Islam, DDI, KWI, FPI, Persis, Parisada Hindu Dharma dan Konghucu. Ormas Asing diantaranya, Green Peace, The Asia Foundation, NDI, dan WWF. Dengan LSM seperti Kontras, PSHK, Walhi, YLKI, ICW, Cetro, yang secara umum tergabung dalam Koalisi Kebebasan Berserikat. OKP seperti pemuda Pancasila, HMI, PMII, GMNI, GP Anshor. Dengan para pakar hukum, dan kunjungan kerja dalam negeri di beberapa provinsi.

Berkaitan dengan substansi pokok, dilaporkan bahwa yang menjadi pembahasan mendalam antara lain, berkaitan dengan ketentuan umum. [1] Ormas didefinisikan sebagai organisasi yang didirikan dan dibentuk masyarakat secara sukarela berdasar kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi untuk pembangunan demi tercapainya tujuan NKRI yang berdasarkan Pancasila. [2] Azas Ormas tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD NRI tahun 1945. Selain itu, Ormas dapat mencantumkan ciri tertentu yang mencerminkan kehendak dan cita-cita Ormas yang bersangkutan. [3] Pendirian Ormas [4] Pendaftaran Ormas. [5] Struktur keorganisasian dan kepengurusan. [6] Keuangan Ormas harus dikelola secara transparan dan akuntabel.

Masih beberapa substansi lain yang dilaporkan oleh Ketua Pansus, antara lain: pemberdayaan Ormas, ketentuan tentang Ormas Asing, beberapa hal mengenai pengawasan, larangan dan sanksi dan ketentuan peralihan. Atas dasar laporan Ketua Pansus ini, beberapa anggota telah menggunakan kesempatan untuk melakukan interupsi, meminta kejelasan atas ketentuan beberapa pasal dan sekaligus rumusan-rumusan yang dianggap masih perlu disempurnakan. Karena banyaknya interupsi, maka rapat paripurna diskors untuk mempertemukan pendapat fraksi-fraksi dengan Pimpinan Pansus.

Setelah diskors, maka rapat paripurna dibuka kembali dan kemudian diputuskan bahwa pembicaraan tingkat dua/pengambilan keputusan ditunda dan akan dijadwalkan kembali

Pelaksanaan Fungsi Legislasi
Beberapa RUU yang sudah masuk dalam prioritas 2013, diharapkan memasuki pembicaraan Tingkat II, antara lain: RUU tentang Pencegahan dan Pemberantasan Pembalakan Liar (P3L) atau Pemberantasan Perusakan Hutan (P2H). RUU ini telah dibahas melalui 8 masa sidang. Karena masih ada keberatan dari masyarakat, terutama terkait dengan hak masyarakat hukum adat, maka Komisi IV, masih akan melakukan kegiatan untuk mengundang nara sumber/ahli pidana, untuk meminta masukan terkait dengan adanya anggapan pelanggaran HAM, anggapan kriminalisasi masyarakat adat di sekitar hutan. Panitia Kerja juga akan melanjutkan tugas dan direncanakan Raker pengambilan keputusan/ tingkat I dilakukan akhir Juni
Kedua, RUU tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani (P3). Saat ini pembahasannya akan memasuki tahapan Rapat Tim Sinkronisasi, didirencanakan pada Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2012-2013, dapat diambil keputusan pada Tingkat I, dan dapat diambil Keputusan Tingkat II untuk mendapatkan persetujuan pada Rapat Paripurna

PAW
Pada tanggal 26 Juni, ketua DPR telah mengambil sumpah dua anggota DPR pengganti antar-waktu dari fraksi partai demokrat sesuai dengan Keputusan Presiden No. 76/p/tahun 2013 tanggal 21 Juni. Anggota-anggota yang diambil sumpahnya yaitu Ir. Nuki Sutarno mewakili Partai Demokrat Dapil Jatim XI untuk Masa Jabatan 2009-2014 menggantikan Drs. H. Ahmad Syafei, dan Sdr. Imam Cahya Abdullah mewakili Partai Demokrat Dapil Kaltim I untuk masa jabatan 2009-20144 menggantikan Dr. H. Taufik Effendi MBA.



KOMENTAR ANDA

Nama Tidak Boleh Kosong

Email Tidak Boleh Kosong

Komentar Tidak Boleh Kosong

Nama :
Email :
Komentar :
Total : 1000