Update: Untuk mendapatkan berita-berita terupdate website marzukialie.com bisa men update melalui twitter kami @marzukialie dan untuk komunikasi langsung dengan Dr. H. Marzuki Alie bisa melalui twitter kami @marzukialie_MA
profile marzuki alie Demokrat

TULISAN

Rekonstruksi Kebijakan Pendidikan Nasional
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie
KEDAULATAN DAN KEPEMIMPINAN BAGI PEMBANGUNAN INDONESIA
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie
REFLEKSI AKHIR TAHUN 2013
Oleh : Marzuki Alie Center
INOVASI KREATIF MASYARAKAT INDONESIA
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie
Komitmen Antikorupsi Parlemen ASEAN
Oleh : Oleh Dr. H. Marzuki Alie

PENCARIAN

ALBUM


DAPATKAN BUKU YANG SUDAH DITANDATANGANI OLEH MARZUKI ALIE untuk palestine Liga Pendidikan Indonesia

ANGGARAN

KEGIATAN DPR-RI MINGGU PERTAMA OKTOBER 2013

Images
Minggu Pertama Oktober, kegiatan Dewan ditandai dengan kedatangan Presiden Republik Rakyat Tiongkok beserta rombongan ke DPR RI dengan agenda Courtesy Call kepada Ketua DPR RI dan forum publik Presiden RRT dihadapan Anggota DPR dan Tokok-tokoh penting. Selain itu, terdapat agenda Rapat Paripurna DPR RI tanggal 1 Okotober 2013,Laporan Ketua Komisi III dan Hasil Rapat Tim Pengawas Century 2 Oktober.

Rapat Paripurna 1 Oktober
Rapat Paripurna mengagendakan acara; 1. Penyampaian Ikhtisar Hasil Pemeriksaan BPK RI Semester (IHPS) I Tahun 2013 dan 2. Laporan Komisi III DPR RI mengenai hasil pembahasan Calon Anggota Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Periode 2013-2014, dilanjutkan dengan penetapan. Ketua BPK dalam laporannya mengatakan bahwa selama semester I Tahun 2013, telah memeriksa 597 objek pemeriksaan, yang terdiri atas 519 objek pemeriksaan keuangan, 9 objek pemeriksaan kinerja dan 69 objek PDTT (pemeriksaan dengan tujuan tertentu).

Hasil pemeriksaan BPK mengungkapkan sebanyak 13.969 kasus kelemahan sistem pengendalian intern (SPI) dan ketidakpatuhan terhadap perundang-undangan senilai RP. 56,98 triliun. Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.589 kasus senilai Rp.10,74 triliun merupakan temuan ketidakpatuhan yang mengakibatkan kerugian, potensi kerugian dan kekurangan penerimaan. Rekomendasi BPK terhadap kasus-kasus tersebut antara lain berupa penyerahan aset dan/atau penyetoran uang ke kas negara/daerah/perusahaan.
Adapun sebanyak 5.747 kasus merupakan kelemahan SPI, sebanyak 2.854 kasus penyimpangan administrasi, dan sebanyak 779 kasus senilai Rp.46,24 triliun merupakan temuan ketidakhematan, ketidakefisinenan, dan ketidakefektifan. Rekomendasi BPK atas kasus tersebut adalah perbaikan SPI dan/atau tindakan administratif dan/atau korektif lainnya.

Pengawasan dari DPR sangat diperlukan agar entitas segera menindaklanjuti rekomendasi BPK atas temuan yang bernilai besar tersebut sehingga tidak terjadi kerugian negara yang lebih besar. Selain itu, melalui pengawasan dari DPR diharapkan bisa dicari upaya-upaya preventif selain yang telah direkomendasikan BPK agar temuan yang selalu terjadi secara berulang tidak terjadi lagi di waktu yang akan datang.

Laporan Ketua Komisi III
Laporan ketua Komisi III mengenai hasil pembahasan dan pemilihan calon anggota LPSK periode 2013-2018 dan dilanjutkan dengan penetapan. Dalam laporannya, ketua komisi III mengatakan bahwa dalam rangkaian proses uji kelayakan atas calon anggota LPSK periode 2013-2018, telah memutuskan melalui pemungutan suara, terpilih 7 anggota diantara 14 calon yang diusulkan oleh Presiden. Ketujuh calon yang terpilih adalah; 1. Abdul Haris Semendawai, S.H., LLM, 2. Edwin Partogi Pasaribu, S.H, 3. Lili Pintauli, S.H.,M.H, 4. Drs.Hasto Atmojo Suroyo, 5. Dr. H Askari Razak, S.H., M.H, 6. Lies Sulistiani, S.H., M.Hum, 7. Prof. Dr. H. Teguh Siedarsono, S.Ik., S.H., M.Si.

Komisi III DPR RI memahami bahwa kecakapan, integritas dan kompetensi Calon Anggota LPSK Periode 2013-2018 merupakan prasyarat penting untuk menjadi Anggota LPSK. Atas dasar kriteria tersebut, Komisi III DPR RI dalam memilih dan menetapkan Calon Anggota LPSK Periode 2013-2018 sangat mengharapkan Calon Anggota LPSK Terpilih dapat menjadi Anggota LPSK yang mampu meningkatkan citra dan wibawa LPSK.

Tujuh calon yang telah terpilih oleh Komisi III disetujui rapat Paripurna DPR menjadi Calon Anggota LPSK periode 2013-2018. 


KOMENTAR ANDA

Nama Tidak Boleh Kosong

Email Tidak Boleh Kosong

Komentar Tidak Boleh Kosong

Nama :
Email :
Komentar :
Total : 1000